Thursday, November 1, 2012

NOT SO WITTY MITTY



Pernah bertanya-tanya contoh paling signifikan dari hubungan unit-level analisis antar negara dalam hal partai politik? Nah, i'm going to give you one interesting case, bagaimana sebuah partai politik dalam suatu negara bisa mempengaruhi situasi internasional dalam kasus tertentu, dibanding negara itu sendiri.

You guys obviously know Mitt Romney, Republican Party's nominee for President of the United States in the 2012 election. Dalam sebuah kampanye-nya beberapa bulan lalu ia sempat mengtakan hal yang mungkin bagi dia sederhana, "Russia is our number one geopolitical foe". Hmmmh....Rakyat Amerika sebagian menanggapinya dengan kesal. Sebagian lainnya sibuk mem-bully Mitty dan menjadikannya badut sosial media. Tapi tidak demikian dengan presiden Rusia, Vladimir Putin. Ia menanggapi dengan serius pernyataan Romney, bahkan berterima kasih pada Romney. Mengapa? Rusia saat ini tengah dalam perlawanan dengan rencana NATO membangun missile defense shield di Eropa Barat. Ini membuat Rusia was-was dengan upaya deterrence-nya dan merasa dirugikan oleh NATO.

Setengah mati Obama meyakinkan Putin bahwa upaya NATO mengarah pada Iran, bukan Rusia. Tetapi mendadak Romney muncul dengan statement ajaib, yang menganggap Rusia musuh. Ini membuat Putin semakin yakin dengan foreign policy-nya dalam mengambil langkah oposisi terhadap NATO. Bagi Putin, meski Romney kemungkinan kalah sekalipun, ia tidak tahu berapa banyak di Amerika yang memiliki pandangan serupa dengan Romney, yang kelak bisa saja bertakhta di Amerika. JeLas defense merupakan upaya utama Rusia yang pernah menjadi musuh terbesar negara hegemon tersebut pada era cold war. Jika ke depannya US-Rusia kembali bentrok, langkah NATO di Eropa Barat jelas akan merugikan deterrence Rusia.

Ini hanya merupakan betapa statement dari kelompok/orang yang belum berada di jajarahan pemerintahan tertinggi bisa menjadi blunder bagi negaranya. Saya yakin seratus persen rakyat Amerika sendiri kesal dengan statement Romney. Ditambah belakangan, Romney pernah salah langkah menggambarkan situasi militer Amerika yang akhirnya memunculkan joke massal " Horses and Bayonets" serta ucapannya bahwa "Laut Suriah adalah jalur keluar satu-satunya bagi Iran". Sungguh sangat memalukan bagi seorang yang menawarkan diri sebagai calon presiden AS berikutnya.

But well, shit happens.


Have a good day!




*desyc*



PS: Albert Einstein pernah mengatakan hal berikut, “Two things are infinite: the universe and human stupidity; and I'm not sure about the universe.” ;p

No comments:

Post a Comment